Selasa, 19 April 2011

Penyakit Gigi Pertama yang Pernah Ditemukan


Penyakit Gigi Pertama yang Pernah Ditemukan
Diane Scott
  Siapa penderita penyakit gigi pertama yang pernah ditemukan? Ialah reptil purba yang hidup 275 tahun yang lalu.

Reptil yang dikenal dengan nama Labidosaurus hamatustersebut memiliki infeksi pada gigi. Para ilmuwan mengira, infeksi itu terjadi akibat adaptasi hidup di darat setelah hidup di laut dalam waktu yang cukup lama.

Robert Reisz, ahli biologi dari University of Toronto, dan rekan-rekannya memperhatikan tanggalnya satu gigi dari fosil. Mereka juga mendapati tulang rahang yang rusak. Ketika fosil itu dipindai, tim menemukan tanda-tanda infeksi besar yang dapat mengakibatkan gigi tanggal dan kerusakan jaringan rahang.

"Giginya rusak dan karena tidak tumbuh gigi baru, muncul lubang. Lewat lubang itu, bakteri masuk ke dalam rahang dan merusaknya," Reisz menjelaskan kepada LiveScience. Ia juga menjelaskan kalau infeksi menyebar ke empat atau lima gigi lain di sekitarnya dan masuk ke dalam area mulut dan di luar rahang. "Hasilnya, area rahang benar-benar rusak," katanya.

Kemungkinan reptil ini mati karena kerusakan mulut ini masih dipertanyakan. "Kami tak tahu pasti, tapi mungkin kerusakan ini bisa jadi faktor," kata Reisz. Sakit gigi yang parah seperti ini bisa membuat hewan enggan makan. "Dan ketika itu terjadi pada reptil yang tua, ia lebih rentan terhadap serangan predator," lanjut Reisz. Fosil yang ditemukan itu diperkirakan milik reptil yang sudah cukup tua--dilihat berdasarkan ukuran. 



Sumber: LiveScience