Rabu, 23 Februari 2011

25 Penyu dan Kura-Kura Paling Terancam Punah


25 Penyu dan Kura-Kura Paling Terancam Punah
Wikipedia
  Wildlife Conservation Society (WCS) dan Turtle Conservation Coalition mengumumkan 25 spesies penyu dan kura-kura yang paling terancam punah dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam minggu ini.

Ke-25 spesies tersebut terancam punah karena perburuan ilegal, kehilangan habitat, serta perdagangan hewan dalam beberapa tahun terakhir. Laporan itu bahkan menyebutkan kalau beberapa spesies dapat punah 10 tahun lagi.

"Penyu diburu di seluruh Asia," kata Brian D. Horne dari WCS. Horne menjelaskan kalau setiap spesies kura-kura dan penyu di Asia dipengaruhi oleh perdagangan internasional akan penyu dan produk sampingannya. "Di sebuah pasar di Dhaka, Bangladesh, kami melihat 100.000 penyu dibantai untuk dikonsumsi dalam sebuah upacara. Kami tahu masih ada tiga pasar serupa di kota itu," Horne menyatakan kekhawatirannya.

Liz Bennett, Wakil Presiden WCS Species Program, menambahkan bahwa penyu bisa mempertahankan diri dari predator dengan bersembunyi di dalam karapasnya. "Tapi mereka tidak bisa bertahan melawan manusia yang berusaha memburu," kata Bennett.

Dalam daftar 25 spesies itu, ada "Lonesome George" yang dipercaya sebagai satu-satunya kura-kura raksasa dari Abdington Island. Spesies lain yang nyaris punah adalah penyu berkarapas lunak Yangtze yang diketahui hanya ada 4 ekor lagi. Sepasang penyu ada di Kebun Binatang Suzhou, China. Pasangan itu diharapkan bisa menghasilkan keturunan.

Penyu-penyu ini bisa bertahan lebih lama lewat perlindungan habitat, pembiakan, serta penegakan hukum.

Berikut ini adalah daftar 25 penyu dan kura-kura yang terancam punah:
1.Chelonoidis abingdonii
2.Rafetus swinhoei
3.Cuora yunnanensis
4.Batagur baska
5.Batagur trivittata
6.Cuora zhoui
7.Cuora mccordi
8.Cuora aurocapitata
9.Cuora trifasciata
10.Astrochelys yniphora
11.Geochelone platynota
12.Chelodina mccordi
13.Chitra chitra
14.Mauremys annamensis
15.Dermatemys mawii
16.Erymnochelys madagascariensis
17.Batagur kachuga
18.Batagur affinis
19.Leucocephalon yuwonoi
20.Pseudemydura umbrina
21.Mesoclemmys hogei
22.Psammobates geometricus
23.Siebenrockiella leytensis
24.Podocnemis lewyana
25.Batagur borneoensis



sumber:nationalgeographic.co.id