Minggu, 06 Februari 2011

Nyamuk steril untuk perangi demam berdarah


Nyamuk steril untuk perangi demam berdarah
Jason Gray/stock.xchng 
Pemerintah Malaysia bagian pengelola Institut Riset Kedokteran memberikan pernyataan bahwa mereka telah melepaskan sekitar 6.000 nyamuk jantan aedes aegypti yang sudah disterilkan  ke area hutan alam di Malaysia Timur, pada akhir tahun lalu. Tujuannya adalah untuk mengendalikan penyakit demam berdarah dengue (DBD)

Nyamuk-nyamuk itu sebelumnya sudah mengalami rekayasa gen di laboratorium. Nyamuk jantan steril diharapkan mengawini nyamuk-nyamuk betina dan menghasilkan keturunan yang juga steril atau berumur pendek.


Pengujian yang sama pernah dilakukan di Cayman Islands, Inggris, tahun lalu. Nyamuk-nyamuk dengan gen modifikasi itu dilepaskan ke daerah seluas 16 hektare dan setelah bertahun-tahun melalui riset laboratorium yang disertai penghitungan hipotesis, peneliti mendapati penurunan drastis jumlah populasi nyamuk di wilayah itu.

Cara ini sempat menuai kritik dari beberapa orang pemerhati lingkungan di Malaysia juga, tetapi pihak pemerintah berkilah. Mereka menepis kekhawatiran akan kemungkinan serangga yang membawa gen baru hasil rekayasa tersebut dapat merusak keseimbangan ekosistem.

Menurut pemerintah, mereka telah memikirkan pula risiko ke arah sana. Dan untuk meminimalkan risiko itu, mereka mengatur uji coba dalam skala kecil jauh sebelum mengadakan penyebaran besar-besaran


sumber:nationalgeographic.co.id